Archive Pages Design$type=blogging

Al-Qur’an Pilar Meraih Cinta Allah

Pembaca buletin Hidayah, ada beberapa pilar pendukung dalam meraih cinta Allah SWT . Di antara pilar yang paling besar manfaatnya dan yang...

Pembaca buletin Hidayah, ada beberapa pilar pendukung dalam meraih cinta Allah SWT. Di antara pilar yang paling besar manfaatnya dan yang paling nyata dan disukai oleh Allah adalah berinteraksi dengan al-Qur’an karena al-Qur’an merupakan kitab paling agung dan yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya.
Tirmidzi dan Ahmad meriwayatkan hadits marfu dari Umamah ra bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya tidaklah suatu kaum itu tersesat (berpaling) setelah mereka mendapatkan hidayah (al- Qur’an) yang diberikan kepada mereka, melainkan mereka akan dijerumuskan menuju jurang perselisihan dan perpecahan.” (Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
Umat Islam akan hidup dalam kemerosotan nilai, kehancuran prinsip dan pendidikan ketika mereka berpaling dari al-Qur’an dan Sunnah sehingga majelis (tempat) mereka menimba ilmu dan proses pembelajaran mereka menjadi mandul, tidak ada manfaat dan faedahnya serta tidak ada sedikit pun keuntungan dan kebaikan yang dapat mereka ambil di dunia dan akhirat.
Umat yang mengambil nilai pelajaran dan wawasannya kepada selain al-Qur’an adalah umat yang kurang akalnya dan tidak mempunyai kemuliaan dan tidak memiliki sistem hidup yang jelas. Oleh karena itu, siapa saja yang mengamati kehidupan para salafus shalih akan mendapati mereka senantiasa patuh dan tunduk di hadapan al-Qur’an dan Sunnah sehingga mereka berhak menjadi generasi terbaik, terkemuka, termulia, dan teragung sepanjang sejarah, baik dan segi ibadah, kezuhudan, dan penghambaan kepada Allah.
Ketika kita –kecuali orang yang dirahmati Allah– berpaling dari al-Qur’an, hati kita akan mati dan kehilangan cahaya yang berkilauan, kehilangan sinar yang gemerlapan, serta kehilangan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.
Allah berfirman kepada Rasulullah,
Dan supaya aku membacakan al-Qur’an (kepada manusia). Maka barangsiapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya ia hanyalah mendapat petunjuk untuk (kebaikan) dirinya, dan barangsiapa yang sesat maka katakanlah: “Sesungguhnya aku (ini) tidak lain hanyalah salah seorang pemberi peringatan.” (an-Naml: 92).
Jadi, tugas utama Rasulullah adalah membacakan (mengajarkan) al-Qur’an kepada segenap manusia. Oleh karena itu, pada masa-masa pertama dari kehidupan (kenabian), beliau melarang untuk menulis hadits supaya manusia tidak terlalu disibukkan dengan hadits sehingga mereka melalaikan al-Qur’an.
Bagaimana al-Qur’an dipraktikkan secara nyata? Kita akan mendapat gambaran riil dari akhlak Rasulullah seperti yang pernah diriwayatkan oleh Sa’ad bin Hisyam bin Amir ra., ia berkata, “Saya pernah bertanya kepada Ummul Mukminin, Aisyah ra., tentang budi pekerti Rasulullah SAW, maka ia menjawab, “Budi pekerti Rasulullah adalah al-Qur`an.” (Muslim, Ahmad, dan Abu Dawud).
Pernyataan dari Ummul Mukminin tersebut seolah-olah menggambarkan diri Rasulullah sebagai al-Qur’an yang berjalan di atas muka bumi. Apabila Anda membaca dan menghayati isi kandungan al-Qur’an, seakan-akan Anda menelusuri kembali perjalanan hidup Rasulullah.
Di dalam al-Qur’an Allah SWT berfirman kepada Rasululah, “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (al-Qalam: 4).
Allah berfirman, “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf (baik), serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (al-A’raf : 199).
Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (at-Taubah: 128).
Di dalam hadits banyak diterangkan bahwa beliau mengajari para sahabat tentang cara dan etika ketika mereka berinteraksi dengan al-Qur’an. Kalau hal itu dipraktikkan dalam membaca alQur’an oleh setiap Muslim niscaya hati mereka menjadi luluh dan dengan serta merta dia akan merujuk kepada al-Qur’an.
Dalam kitab Shahih Muslim dari Abi Umamah ra, diterangkan bahwa Rasulullah bersabda, “Bacalah al-Qur’an karena ia akan memberikan syafaat (pertolongan) kepada siapa saja yang gemar membacanya pada hari kiamat kelak.” (Muslim dan Ahmad).
Kalau al-Qur’an sudah memberikan syafaat kepada Anda, maka keuntungan dan kesenangan yang tiada tara akan meliputi hati Anda dan alangkah bahagianya hati Anda saat itu.
Dalam kitab Shahih Bukhari diriwayatkan bahwa Utsman bin Affan ra berkata, Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan yang mengajarkannya.” (Bukhari dan Abu Dawud).
Maksud dari sabda Rasululah ini adalah sebaik-baik orang yang paling mulia dan orang yang paling agung di antara kita adalah orang yang senantiasa berhubungan dengan al-Qur’an.
Ini adalah karakteristik yang telah Allah turunkan di atas muka bumi ini. Jadi, bukan karakteristik atau ciri yang diusung oleh para pemikir dan bukan juga yang digembor-gemborkan oleh para penganut paham materialistis yang memuliakan dan menghargai manusia sesuai dengan pangkat, jabatan, atau garis keturunannya. Sama sekali tidak. Akan tetapi, “Sebaik-baik diri Anda adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.”
Oleh karena itu, Rasulullah senantiasa memposisikan derajat manusia sesuai dengan kadar kedekatan dan interaksi mereka dengan al-Qur’an. Beliau juga memuliakan dan menghargai mereka sesuai dengan tingkat hapalan dan bacaan mereka terhadap al-Qur`an, serta terhadap pengkajian dan pemahaman mereka terhadap kandungan al-Qur`an yang mulia ini.
Anas bin Malik ra berkata, suatu ketika Rasulullah mengirimkan brigade pasukan untuk berperang di jalan Allah, maka Rasulullah bertanya kepada mereka, “Siapakah di antara kalian yang telah menghapal al-Qur’an (seluruhnya)?” Mereka semuanya diam.
Lalu beliau bertanya lagi, “Adakah di antara kalian yang telah menghapal beberapa surat dari al-Qur’an?” Salah seorang di antara mereka menjawab, “Aku wahai Rasulullah.
Beliau bertanya, “Apa saja yang sudah engkau hapal?” Dia menjawab, “Saya sudah menghapal surat al-Baqarah.” Maka Rasulullah bersabda kepadanya, “Kalau begitu berangkatlah dan engkaulah pemimpin mereka.” (Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, Nasa’i, dan Hakim).
Beginilah kualifikasi atau penyeleksian yang diajarkan oleh Islam. Yang paling mulia dan paling utama adalah para penganut kalimat “La Ilaha Illallah” dan para penghamba yang hakiki kepada Allah.
Jabir bin Abdullah ra. berkata, “Tatkala perang Uhud terjadi, Rasulullah bertanya tentang para syuhada yang mendapatkan syahid, maka beliau mendahulukan orang yang paling banyak hapalan al-Qur’annya menuju liang lahat.” (Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi).
Sesungguhnya, al-Qur’an sudah menjadi teman sejati bagi para sahabat Rasulullah, sampai-sampai kalau Anda masuk ke dalam rumah salah seorang sahabat dari kaum Muhajirin atau Anshar, Anda akan mendapatkan al-Qur`an tergantung di dalam rumah mereka dan di sampingnya Anda juga mendapatkan pedang yang tergantung. Pedang berfungsi untuk membuka negeri dan al-Qur’an berfungsi untuk membuka hati.*/DR. Aidh bin Abdullah Al-Qarni, dari bukunya Jangan Takut-Jagalah Allah, Allah Akan Menjaga Anda.


COMMENTS

Nama

Agustus April Desember Februari Januari Juli Juni Maret Mei Nopember Oktober September
false
ltr
item
Bulletin Hidayah DSH: Al-Qur’an Pilar Meraih Cinta Allah
Al-Qur’an Pilar Meraih Cinta Allah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwpKtZ8j0yE-j6gXP-X59osm8G3ro6FzykhIzjq3K3e3-Ml5Wo0S-3ODD7L2jFVOIgedacoPIWmaQgUzadhu0cfesXrDSbZ-Un_lf1S5M2jz3pnoy1i_jHJpDTWMvDyI-N8PTPH3lmmX1L/s1600/al-quran.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwpKtZ8j0yE-j6gXP-X59osm8G3ro6FzykhIzjq3K3e3-Ml5Wo0S-3ODD7L2jFVOIgedacoPIWmaQgUzadhu0cfesXrDSbZ-Un_lf1S5M2jz3pnoy1i_jHJpDTWMvDyI-N8PTPH3lmmX1L/s72-c/al-quran.jpg
Bulletin Hidayah DSH
http://bulletin.dsh.co.id/2016/10/al-quran-pilar-meraih-cinta-allah.html
http://bulletin.dsh.co.id/
http://bulletin.dsh.co.id/
http://bulletin.dsh.co.id/2016/10/al-quran-pilar-meraih-cinta-allah.html
true
2506769849330516097
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago