Archive Pages Design$type=blogging

Sebuah Nasehat Bernama Agama

"Dari Abu Ruqayah Tamim Ad Daari, sesungguhnya Rasulullah bersabda : Agama adalah nasehat, kami berkata : Kepada siapa ? beliau bers...

"Dari Abu Ruqayah Tamim Ad Daari, sesungguhnya Rasulullah bersabda : Agama adalah nasehat, kami berkata : Kepada siapa ? beliau bersabda : Kepada Allah, kitabNya, Rasul-Nya dan kepada pemimpin kaum muslimin dan kaum muslimin pada umumnya" (Riwayat Bukhari dan Muslim)
URGENSI HADITS
Abu Nu'aim Rahimahullah berkata; Hadits ini adalah hadits yang sangat agung. Demikian Muhammad bin Aslam ath Thusi Rahimahullah menganggapnya sebagai seperempat agama.Hal ini nampak jelas dikarenakan Rasulullah menegaskan bahwa Nasehat merupakan tiangnya agama. Maka dengan keberadaannya agama akan tegak. Dan sebaliknya dengan ketiadaannya, akan dapat menimbulkan kekurangan dalam tubuh kaum muslimin diseluruh sisi kehidupannya. Apalagi apabila nesehat ditafsirkan dengan kejujuran dan keikhlasan, maka urgensi dari hadits ini akan lebih tampak dan lebih besar. Karena kejujuran dan keikhlasan merupakan salah satu syarat diterimanya amal.
MAKNA NASEHAT
Kata nasehat berasal dari nashohal khoyyaathuts tsaub yang bermakna menjahit pakaian denganbaik dan rapat, tidak meninggalkan celah dan lubang. Disini disetarakan dengan perbuatan penasehat dalam memilihnya untuk kemashlahatan yang dinasehati, dengan menutupi sesuatu celah yang sobek dari pakaian. Ada yang berpendapat bahwa nasehat berasal dari kata nashohatul ‘asl yang bermakna kamu membersihkan madu dari campuran yang berbentuk zat lilin. Disini terdapat penyerupaan pemurnian ucapan dan perbuatan dari yang merusaknya. Al Imam Al Khathabi Rahimahullah berkata; "Nasehat adalah kata yang dipakai untuk mengungkapkan keinginan baik untuk orang yang dinasehati". Jadi dari keterangan diatas makna nasehat adalah upaya menutup kekurangan dan mensucikan jiwa dari hal yang mengotorinya.
 AGAMA ADALAH NASEHAT
Rasulullah dalam hadits ini menamakan agama dengan nasehat. Padahal beban syari'at sangatlah banyak dan tidak terbatas pada nasehat saja. 2 Ibnu Daqiqil Ied Rahimahullah berkata: Makna sabdanya.... (Agama adalah nasehat) yaitu tiang agama adalah nasehat, sebagaimana sabdanya... (Haji adalah Arafah) yaitu tiang yang terbesar. Ibnu Bathal Rahimahullah berkata; "Hadits ini berisikan dalil bahwa nasehat itu disebut agama dan juga Islam, serta bahwa agama itu, dilaksanakan dengan amalan sebagaimana dengan ucapan". Beliau melanjutkan;"Nasehat adalah fardu dimana orang yang melakukannya diberi pahala dan gugur (kewajibannya) dari yang lainnya". Beliau melanjutkan; "Nasehat itu wajib menurut kadar kemampuan, jika pemberi nasehat mengetahui nasehatnya akan diterima, perintahnya akan ditaati, dan dirinya merasa aman dari sesuatu yang tidak disukai. Jika ia mengkhawatirkan gangguan, maka ia berada dalam keleluasaan (tidak wajib memberi nasehat)"
NASEHAT BAGI ALLAH
Para Ulama' mengatakan; "Nasehat untuk Allah   artinya beriman kepada Allah  , menafikan syirik dari-Nya, tidak mengingkari sifat-sifat-Nya, mensifati-Nya dengan sifat-sifat yang sempurna dan mulia, mensucikan-Nya dari segala kekurangan, menta'ati-Nya dan tidak bermaksiat kepada-Nya, cinta dan benci karena-Nya, mencintai siapa yang menta'ati-Nya dan memusuhi siapa yang bermaksiat kepada-Nya serta memerangi siapa yang kafir kepada-Nya, mengakui segala nikmat-Nya dan mensyukurinya, ikhlas dalam segala urusan, menyeru kepada sifat-sifat tersebut, dan menganjurkannya, serta lemah lembut kepada semua orang atau siapa yang memungkinkan dari mereka. Hakekat sifat-sifat ini kembali kepada hamba itu sendiri dalam menasehati dirinya, dan Allah swt tidak butuh nasehat dari hambanya. Nasehat ini meliputi dua sisi yaitu nasehat wajib dan nasehat sunnah. Nasehat kepada Allah swt yang wajib, yaitu perhatian secara sungguh-sungguh dangan mengikuti hal-hal yang dicintai Allah swt dalam melaksanakan kewajiban dan meninggalkan yang haram. Jika ia tidak mampu hal yang wajib ini karena suatu udzur, maka ia harus bertekad melaksanakannya ketika telah lepas dari udzur tersebut. Allah berfirman:
 “ tiada dosa (lantaran tidak pergi berjihad) atas orang-orang yang lemah, orang-orang yang sakit dan atas orang-orang yang tidak memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan, apabila mereka Berlaku ikhlas kepada Allah dan Rasul-Nya. tidak ada jalan sedikitpun untuk menyalahkan orang-orang yang berbuat baik. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. At Taubah : 91)
Allah swt menamakan mereka sebagai orang yang berbuat baik. Karena nasehat mereka kepada Allah dengan ikhlas, manakala terhalang dari berjihad. Sedangkan nasehat yang sunnah adalah mendahulukan kecintaan kepada Allah swt daripada dirinya sendiri. Bila ia mendapatkan dua perkara, maka yang pertama untuk  dirinya dan yang kedua untuk Rabbnya. Mendahulukan yang ada hubungannya dengan Rabb dan mengakhirkan yang berhubungan dengan dirinya.
NASEHAT BAGI KITAB ALLAH
Imam An Nawawi Rahimahullah berkata; "Nasehat bagi kitab Allah   ialah beriman bahwa ia adalah kalamullah dan kitab yang diturunkan-Nya. Tiadapun dari ucapan manusia yang menyerupainya, dan tiada seorang makhluk yang bisa menyamainya. Kemudian memuliakannya, membacanya dengan sebenarnya, membaguskannya, khusyu' ketika membacanya, membaca huruf-hurufnya dengan benar membelanya dari penakwilan orang-orang yang menyimpang dan penentangan terhadap orangorang yang menentangnya, membenarkan yang terdapat didalamnya, Tunduk pada hukum-hukumnya, ilmu-ilmu dan berbagai perumpamaannya dipahami, menjadikan pedoman dari berbagai pelajarannya, memikirkan berbagai keajaibannya, mengamalkan muhkamnya (ayat-ayat muhkamat), dan pasrah terhadap mutasyabihnya (ayat-ayat mutasyabihat), membahas tentang keumuman dan kekhususannya, nasikh mansukhnya, menyebarkan ilmunya, menyeru kepadanya dan apa yang kami sebutkan berupa nasehat"
NASEHAT BAGI RASUL-NYA
Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah berkata; "Nasehat bagi RasulNya adalah membenarkan risalahnya, mengimani segala apa yang dibawanya, menta'ati perintah dan larangannya, membelanya semasa hidup dan sesudah matinya, memusuhi siapa yang memusuhinya, mencintai siapa yang mencintainya, mengagungkan dan menghormati haknya, menghidupkan sunnah-sunnahnya, menyebarkan dakwahnya, dan menyiarkan sunnah-sunnahnya, tidak mendustakannya, menyiarkan ilmu-ilmunya, memahaminya, menyerukan kepadanya, lemah lembut dalam mempelajari dan mengajarkannya, memuliakan dan mengagungkannya, beretika ketika membacanya, menahandiri dari berbicara tentangnya tanpa ilmu, dan memuliakan para ahli baitnya,karena mereka bernisbat kepadanya. Juga berakhlaq dengan akhlaq Rasul , beretika dengan etikanya, mencintai ahli baitnya dan para shahabatnya, menjauhi orang-orang yang mengada-adakan bid'ah dalam sunnahsunnahnya, atau memusuhi salah seorang shahabatnya, dan sejenisnya.
NASEHAT BAGI PEMIMPIN KAUM MUSLIMIN
Imam An Nawawi Rahimahullah berkata; "adapun nasehat bagi pemimpin kaum muslimin ialah membela mereka atas kebenaran, mentaati mereka dalam kebenaran,memerintahkan mereka kepadanya, dan mencegah mereka (dari menyelisihi kebenaran),mengingatkanmereka dengan lemah lembut, memberitahu mereka tentang apa yang mereka lalaikan dan belum mereka sampaikan berupa hakhak kaum muslimin, tidak memerangi mereka dengan pedang (bughat), dan melunakan hati kaum muslimin untuk mematuhimereka" Al Khathabi Rahimahullah berkata; "Termasuk nasehat untuk mereka adalah shalat dibelakang mereka, berjihad bersama mereka,membayar zakat kepada mereka, tidak memerangi mereka dengan pedang (bughat) ketika nampak dari mereka kedzaliman atau perlakuan yang buruk,tidak memuji mereka dengan pujian dusta, dan mendo'akan kebaikan untuk mereka".
NASEHAT BAGI KAUM MUSLIMIN PADA UMUMNYA
Syeikh 'Abdurrahman As Sa'di Rahimahullah berkata; "Adapun naehat bagi kaum muslimin pada umumnya ialah dengan mencintai untuk mereka sebagaimana mencintai untuk dirinya sendiri,membenci untuk mereka sebagaimana untuk dirinya sendiri, serta berusaha untuk itu dengan segala kemampuannya. Sebab siapa yang mencintai sesuatu maka ia akan berusaha kepadanya, dan berusaha untuk merealisasikan serta menyempurnakannya". Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah berkata; " Nasehat bagi kaum muslimin pada umumnya, ialah memberikannasehat kepada mereka dengan menyeru kepada Allah  , memerintahkan kepada yang ma'ruf serta menjauhkan dasri yang munkar, mengajarkankebaikan kepada mereka,dan sejenisnya. Karena itulah agama menjadi nasehat. Danyang pertama-tama yang masuk dalam kategori kaummuslimin pada umumnya adalah diri seseorang. Yaitu seseorang harus menasehati dirinya sendiri.
FAEDAH-FAEDAH HADITS
Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah menyebutkan beberapa faedah berharga dari hadits ini, diantaranya adalah:
1. Agama dirangkum dalam nasehat, sebagaimana dalam sabda Nabi ; “Agama adalah nasehat.”
2. Medan nasehat ada lima: Bagi Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, Para pemimpin kaum muslimin, dan kaum muslimin pada umumnya.
3. Dianjurkan menasehati pada lima hal ini. Karena jika kelimanya ini adalah agama, maka manusia (tidak diragukan lagi) memelihara agamanya dan berpegang teguh dengannya. Karena itu Nabi meletakan nasehat pada lima hal ini.

4. Diharamkannya menipu, karena jika nasehat adalah agama, maka menipu adalah lawan dari nasehat. Disebutkan dari Nabi bahwa beliau bersabda: "Barangsiapa yang menipu kami maka ia bukan dari golongan kami." (Riwayat Muslim dari Abu Hurairah)

COMMENTS

Nama

Agustus April Desember Februari Januari Juli Juni Maret Mei Nopember Oktober September
false
ltr
item
Bulletin Hidayah DSH: Sebuah Nasehat Bernama Agama
Sebuah Nasehat Bernama Agama
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgb_1t5L_9NbSbKFtV3OzycarzD_MKmMXHM8l61yhyGG2ZiV-W6bjAetmzJIBgdS8peSMe2Gc0CVk6mF-viooPk67Xnr2AKxVqSE9bv6JA4GITb0MNH00qcQwG6qrfa4XjtXn4ehSSmlSHj/s320/agama-nasehat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgb_1t5L_9NbSbKFtV3OzycarzD_MKmMXHM8l61yhyGG2ZiV-W6bjAetmzJIBgdS8peSMe2Gc0CVk6mF-viooPk67Xnr2AKxVqSE9bv6JA4GITb0MNH00qcQwG6qrfa4XjtXn4ehSSmlSHj/s72-c/agama-nasehat.jpg
Bulletin Hidayah DSH
http://bulletin.dsh.co.id/2016/04/sebuah-nasehat-bernama-agama.html
http://bulletin.dsh.co.id/
http://bulletin.dsh.co.id/
http://bulletin.dsh.co.id/2016/04/sebuah-nasehat-bernama-agama.html
true
2506769849330516097
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago